Langsung ke konten utama

Cara Optimasi Akun Instagram Untuk Online Shop Anda ke Pertumbuhan Yang Meroket

Anda menggunakan Instagram untuk jualan online ?

Tahukah Anda, saat ini Instagram memiliki lebih dari 1Milyar pengguna aktif setiap bulannya.

Bahkan Visha Shah, direktur manajemen produk di Instagram, menunjukkan bahwa sekitar setengah dari bisnis di Instagram bahkan tidak memiliki situs web - mengandalkan Instagram sebagai titik kontak utama mereka.

Apakah akun Instagram Anda siap bersaing dengan jutaan akun bisnis lainnya ?

Apakah akun Instagram Anda siap untuk  mengubah Milyaran pengguna Instagram ini menjadi pelanggan setia ?

Masalahnya, sekarang. . .

Sudahkah Anda mengoptimasi foto, bio, dan link Instagram Anda ? Apakah Anda memanfaatkan Tombol Aksi Instagram (Instagram Action Buttons) dan Sorotan Cerita (Story Highlights) ?

Karena faktanya Instagram yang teroptimasi akan mendatangkan konversi dan penjualan lebih tinggi dibandingkan yang tidak teroptimasi dengan baik.

Dalam artikel ini Anda akan tahu bagaimana mengoptimalkan aspek-aspek penting akun Instagram Anda .

Siap ?

Pastikan Anda memiliki akun Instagram bisnis

Apa itu akun Instagram ? Tentu Anda sudah tahu itu, tapi apakah Anda sudah tahu bahwa Instagram memiliki dua jenis akun ?

Instagram memungkin Anda untuk memilih untuk menjadikan akun Instagram personal atau akun Instagram bisnis.

Dan untuk berjualan online Anda membutuhkan akun Instagram bisnis.

Mengapa ? Karena ia hadir dengan banyak fitur dan layanan alat tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menumbuhkan bisnis Anda.

Fitur itu termasuk Instagram Shoping, Instagram Ads dan Instagram Insights.

Data itu sendiri sangat berguna: Anda dapat mempelajari tentang audience demographics, post impressions, post-performance, and follower growth, dan pertumbuhan pengikut.

Mungkin ini sedikit membingungkan tapi gambar di bawah ini akan memberi Anda sedikit pencerahan tentang maksud yang saya tulis di atas.
Anda juga dapat menambahkan Tombol Tindakan ke profil Anda (yang akan kami bahas di bawah).

Ini memungkinkan pengunjung untuk menelepon Anda, mengunjungi toko Anda, atau membuat reservasi langsung dari profil Anda.

Selain itu, akun Instagram bisnis memberikan bagian khusus untuk menampilkan jam dan lokasi bisnis. Jadi, Anda tidak perlu membuang ruang berharga dalam bio Anda.

Tapi itu belum semuanya. . .

Anda juga dapat menambahkan tombol kontak yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi Anda melalui pesan langsung Instagram, SMS, atau email untuk menghubungi Anda.

Terakhir, akun Instagram bisnis dapat mengakses peluang promosi berbayar, atau Instagram Ads.

Intinya: akun Instagram bisnis memberikan lebih banyak fitur, fleksibilitas, dan peluang daripada akun personal.

Itulah sebabnya ada lebih dari 25 juta bisnis menggunakan akun Instagram Bisnis.

Untungnya, sangat sederhana untuk mengubah profil Anda yang ada menjadi Profil Bisnis Instagram.

Bagaimana Mengubah Akun Instagram Personal Menjadi Akun Instagram Bisnis

Di Instagram, Anda bisa mengonversi profil pribadi ke akun profesional untuk mengakses fitur yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.

Untuk mengalihkan profil Anda ke akun profesional:**
  1. Buka profil Anda dan ketuk di sudut kanan atas.
  2. Ketuk Pengaturan.
  3. Ketuk Akun.
  4. Ketuk Beralih ke Akun Profesional.
  5. Ketuk Bisnis.
  6. Jika mau, Anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk menghubungkan akun profesional ke Halaman Facebook yang terkait dengan bisnis Anda. Langkah ini opsional, dan memudahkan Anda menggunakan semua fitur yang tersedia untuk bisnis. Saat ini, hanya satu Halaman Facebook yang bisa dihubungkan dengan akun profesional Anda.
  7. Tambahkan detail seperti kategori bisnis dan informasi kontak Anda.
  8. Ketuk Selesai.
**(dalam bahasa Indonesia)

Setelah Anda dikonversi ke profil Bisnis Instagram, Anda akan melihat fitur-fitur tambahan yang Anda inginkan.

Lebih lengkap Tentang akun Instagram Bisnis Anda

Pilih Nama Pengguna yang Sederhana, Mudah Dikenali, dan Mudah Ditemukan

Ingat, Instagram memiliki lebih dari 1 Milyar pengguna.

Jadi, Anda harus membuatnya semudah mungkin bagi orang lain untuk menemukan dan berinteraksi melalui akun Instagram Anda.

Artinya Anda memilih memakai @username yang on-brand, sederhana, dapat dicari, dan dikenali adalah sangat penting.
username Instagram bank mandiri

Sayangnya username bisnis Anda mungkin sudah dipakai oleh orang lain.

Jika itu terjadi, cobalah gunakan nama bisnis Anda sebagai bagian pertama dari username Anda dan tambahkan sesuatu yang mencerminkan usaha Anda dibagian akhir.

Sebagai contoh, disini pada Oberlo, mereka tidak dapat mengambil "@oberlo" sebagai username, alih-alih ia menggunakan username "@oberloapp"

Alternatif lain, mungkin Anda dapat membayar pemilik saat ini untuk memiliki nama bisnis Anda, meskipun Anda harus merogoh kocek yang dalam.

Pilih Nama Bisnis Yang Mudah Dicari

Anda juga perlu menambahkan nama lengkap bisnis Anda ke bagian -nama- di akun Instagram Anda.

Banyak istilah untuk kolom ini. Ada yang menyebutnya Nama Instagram, headline atau tagline. Tapi apapun istilahnya, ini adalah bagian teks tebal tepat di atas bio.
contoh nama Instagram dengan kata kunci
Seperti halnya username, nama Instagram ini dapat ditelusuri melalui pencarian Instagram. 

Di bagian ini Anda dapat menambahkan kata kunci agar akun Instagram Anda dapat di temukan dengan mudah oleh customer Anda.

Manfaatkan fitur ini sebaik mungkin, apalagi bila followers akun Instagram Anda masih terhitung jari.

Anda bisa saja kehilangan potensi mendapatkan followers baru dari pencarian Instagram bila Anda tidak memaksimalkan nama Instagram sehingga bisa mudah di temukan di mesin pencari Instagram.

Penting ! : Nama Instagram ini bebas Anda ganti kapan saja tidak permanen, Anda bisa bereksperimen untuk mendapatakan lebih banyak follower dengan mengubah nama Instagram Anda sehingga mudah ditemukan pencarian Instagram.

Gunakan Photo Profile Instagram Brand Anda

Photo profile Anda menjadi daya tarik setiap orang yang mengunjungi akun Instagram Anda. Terlebih lagi, photo profile ditampilkan disebelah setiap komentar dan post yang Anda bagikan.

Itulah mengapa sangat penting bahwa akun Instagram Anda  harus terlihat hebat.

Gunakan photo profile Instagram yang mudah dikenali dan mewakili bisnis Anda. Anda juga seharusnya menggunakan photo profile yang sama di semua media sosial yang anda punya. Ini akan memperkuat kehadiran Anda.

Sebagian besar bisnis menggunakan Logo bisnis mereka, seperti halnya Gojek :
photo profile instagram gojek

Jika Anda belum memiliki logo bisnis yang memukau, lihat Pembuat Logo Oberlo atau Hatchful Shopify. Alat gratis ini akan membantu Anda membuat logo yang terlihat profesional dalam hitungan menit.

Tulis Bio yang Informatif dan Menarik

Setelah gambar dan nama profil Instagram Anda, banyak pengguna akan melihat bio Anda.

Disini mereka akan memutuskan untuk mem-follow akun Instagram Anda atau tidak. Maka butlah bio Instagram yang akan membuat mereka tertarik untuk menjadi follower Anda.

Mereka ingin menjadi follower Anda bukan karena mereka peduli dengan bisnis Anda atau pengen tahu tentang bisnis Anda.

Yang mereka inginkan adalah sesuatu yang bisa memberikan manfaat bagi mereka.

Beritahu Apa yang Dapat Anda Lakukan Untuk Pelanggan Anda

Jangan hanya memberitahu tentang bisnis Anda, beritahu juga tentang "apa yang bisa Anda lakukan untuk pelanggan Anda"

Misalnya:

Dari akun Instagram National Geographic, ia menuliskan

"Experience the world through the eyes of National Geographic photographers.”

(baca: Rasakan pengalaman dunia melalui mata fotografer National Geographic)
contoh bio instagram national geographic
Mereka menyapa Anda sebagai pemirsa dan mereka menekankan manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti akun mereka.

Atau jika Anda ingin menjaga hal-hal sederhana dan efektif, ringkas apa yang Anda lakukan dan bagaimana hal itu menguntungkan pengguna. Kemudian sertakan ajakan bertindak.

Singkatnya: Pastikan Anda menggunakan bio profil Instagram Anda untuk menunjukkan manfaat yang diberikan bisnis Anda.

Gunakan Emoji Pada Bio

Bio Instagram Anda akan lebih hidup mesipun hanya menambahkan 1 emoji, dan ini akan membuat bio Instagram menjadi lebih menarik. 

Berikut kegunaan emoji pada bio Instagram:

Sertakan Kalimat Ajakan (Call to Action)

Kalimat ajakan (Call to Action) harus mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu yang membuat mereka semakin jauh untuk menjadi pelanggan Anda, dan membeli produk Anda.

Ya, ini kalimat singkat seperti "Hubungi kami sekarang!" atau "Follow me!"

Jika Anda tidak yakin apa yang akan Anda masukkan dalam kalimat Call to Action, pastikan kembali tujuan pembuatan akun instagram Anda.

Apakah untuk menjaring mereka untuk membeli dan menggunakan produk Anda atau untuk mengumpulkan followers dan mengarahkan mereka untuk ke website Anda ?

Jika Anda memiliki produk yang mahal, kemungkinan orang akan ingin belajar lebih banyak sebelum membeli.

Dalam hal ini, Anda mungkin ingin mereka mendaftarkan email ke milis Anda dan mengunduh panduan gratis. Dengan begitu, mereka dapat belajar lebih banyak dan Anda dapat memasarkannya melalui email.

Contoh Kalimat ajakan (Call to Action) yang sering Anda temui di banyak Akun Instagram
  • “Yuk Follow kami dan dapatkan tips kesehatan setiap hari”
  • “Download tips sehat di link berikut ini”
  • “Gunakan hashtag #brandanda untuk di repost.”
  • “Add Line kami di @linekami.”
Mercedes-Benz mengambil pendekatan berbeda dan meminta orang-orang untuk berbagi foto Mercedes-Benz mereka menggunakan tagar khusus.

Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan konten yang dibuat pengguna untuk dibagikan - langkah cerdas ketika Anda menganggap bahwa konten yang dibuat pengguna memiliki peluang konversi 4,5% lebih tinggi.

Optimalkan Link Call to Action Anda

Instagram adalah tempat yang sangat strategis bagi para Marketers, tapi sayangnya Anda tidak dapat memasukkan link tautan yang dapat di klik di deskripsi postingan Instagram.

Inilah pentingnya mengoptimamalkan link tautan Anda.

Jika Anda ingin menggunakan pos untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web atau halaman tertentu, Anda perlu mengarahkan orang ke link tautan di bio Anda.

Dalam contoh ini, Harper's BAZAAR meminta pemirsa untuk mengklik tautan di profil Instagram mereka untuk melihat video lengkap:

Ini adalah cara paling sederhana untuk membuat orang terlibat dengan merek Anda di luar Instagram.

Karena Anda hanya mendapatkan satu link tautan, ada baiknya Anda mengubahnya secara berkala.

Dengan cara ini, Anda dapat mempromosikan konten, produk, penawaran, atau kampanye terbaru Anda.

Cukup perbarui link tautan dan ajakan bertindak di bio Anda, lalu poskan foto atau video baru yang memberi tahu pengikut Anda untuk memeriksanya.

Bagikan Konten Berkualitas

Ingat, ini adalah jejaring sosial yang sepenuhnya didasarkan pada konten visual.
99% orang memfollow akun Instagram karena kontennya.
Ya kontent adalah raja. Mereka yang tertarik dengan kontent yang Anda sajikan kemungkinan besar akan memfollow akun Instagram Anda.

Dan semakin banyak follower Instagram Anda, akan semakin mudah Anda mendapatkan pembeli.
Anda ingin membuat konten sendiri atau gunakan konten orang lain
Selain itu konten yang Anda sajikan haruslah konsisten.

Instagram Anda harus benar-benar mewakili merek keseluruhan Anda, karena ini adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan abadi pada setiap calon pengikut.

Lihat estetika profil mercedesamg di Instagram:

Perhatikan bagaimana mereka memiliki gaya hidup yang sangat konsisten?

Saat membangun estetika merek bisnis Anda, pikirkan target audiens Anda. Gaya pencitraan apa yang paling cocok dengan mereka?

Bagaimana Anda ingin membuatnya merasa?

Juga, apa warna merek Anda?

Idealnya, Anda ingin orang mengenali bisnis Anda hanya dengan melihat foto.

Menampilkan Konten dan Penawaran dengan Sorotan Cerita Instagram

Jika Anda belum menggunakan Instagram Story, Anda kehilangan. Namun, Anda tetap ingin memanfaatkan Sorotan Instagram Story.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyematkan Story ke profil Instagram Anda.

Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan Story Highlights untuk mempromosikan, mendidik, dan melibatkan pengguna - sama seperti halaman berbeda di situs web Anda.

Anda dapat menggunakan Instagram Story Highlights untuk memamerkan berbagai produk untuk berbelanja, seperti contoh di bawah ini :
Contoh Instagram Stories Highlight Sorotan Cerita Instagram

Untuk menambahkan Sorotan Cerita ke profil Instagram Anda, buat Cerita Instagram dan kemudian saat melihat cerita Anda, cukup ketuk “Sorot.”
Cara Menambahkan Stories Highlight Instagram

RingkasanBagi banyak bisnis, profil Instagram yang efektif bisa jauh lebih berharga daripada situs web lengkap.

Dengan situs web, orang-orang harus datang kepada Anda, tetapi Instagram memungkinkan Anda pergi ke orang-orang. Ingat:
  • Mulailah dengan mengoptimalkan komponen inti dari profil Instagram Anda. Ini termasuk pegangan Anda, gambar profil, bio, dan tautan.
  • Manfaatkan fitur baru, seperti Stories Highlights dan Action Buttons. Sorotan Cerita bekerja dengan cara yang mirip dengan halaman berbeda di situs web Anda, dan Tombol Tindakan memberikan kesempatan lain untuk menambahkan ajakan bertindak yang strategis.
  • Konsistensi adalah kuncinya. Jadi pastikan bahwa Anda secara teratur memposting konten berkualitas tinggi sesuai dengan estetika merek Anda.
  • Akhirnya, hubungan dibangun melalui komunikasi. Jadi nyalakan pemberitahuan profil Instagram Anda dan libatkan dengan pengikut Anda!

Postingan populer dari blog ini

Review Levidio Invitation ID dan Download Bonusnya Sekarang !

Penasaran dengan Levidio Invitation yang saat ini lagi booming? Nah di Blog kali ini saya akan membocorkan nih "apa saja sih isi dari Levidio Invitation ini?", "Apa aja sih bonus yang Anda dapatkan?", serta "fitur-fitur rahasia apa yang bakal di tanamkan di website Invitation Anda?" Lhohh???? Yuk Kenalan ! Tak kenal maka tak paham Perkenalkan Levidio Invitation ID , Produk terbaru dari levidio yg berisi seputar undangan, baik seminar maupun pernikahan. Ada video, grafis & website html terintegrasi (bisa kirim email secara otomatis tanpa install,dan mendapatkan list daftar undangan) yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia, artinya seri levidio sekarang ini sangat dicari dari kebutuhan banyak orang , Bicara levidio, tentu saja berkaitan dengan PowerPoint. Apa isi Levidio Invitation ID ? Dan di bawah ini adalah sekilas review isi dari Levidio Invitations ID yang bisa Anda download di member area. 10 Wedding Invitation Video...

Ketinggalan Pembelian Ads Creative Kit ? Sssttt ! Link Paling Bawah Ini Khusus Untuk Anda !

Ada 1517+ Template Desain Promosi Keren Siap Pakai ? Baru kali ini saya dapati 1517+ template desain dijual hanya Rp 858.000 Rp 429.000 . Lalu apa untungnya buat Bisnis Online Anda bila miliki Ads Creative Kit Sekarang? Dengan Ads Creative Kit ini Anda akan dengan sangat mudah dan cepat membuat desain konten-konten marketing lengkaaapp banget dan hasilnya pun KEREN banget. Ya, salah satu kelebihan Ads Creative Kit yang paling menonjol adalah menawarkan desain yang menghasilkan interaksi tinggi, itulah kenapa sekarang banyak pebisnis online berlomba-lomba membuat konten yang tidak biasa dan memang terbukti konversi penjualannya tinggi. Jangan sampai kompetitor Anda menggunakannya sebelum Anda! Ads Creative Kit adalah ide brilian terbaru dari Mesin Kreativitas untuk mempermudah promosi sebuah produk, tanpa harus jago desain. Inovasi Desain template konten marketing promosi yang diberinama ADS CREATIVE KIT ini difungsikan untuk membuat desain konten promosi semakin menar...

Kelola Semua Akun IG-Mu Dengan Tools Instagram Ini

Instagram lebih dari sekadar hiburan santai: Ini adalah platform pemasaran yang kuat untuk pemilik bisnis di mana saja. Dengan lebih dari setengah miliar pengguna aktif setiap hari, Instagram telah membuka peluang besar bagi pelaku industri untuk menemukan pelanggan baru dan melihat produk mereka. Berkat popularitasnya, Anda dapat menemukan banyak alat Instagram yang tersedia untuk meningkatkan strategi pemasaran Anda di Instagram. Kami telah mencantumkan alat Instagram favorit kami untuk membuat pilihan lebih mudah bagi Anda. Menilai pendekatan Anda saat ini, menganalisis audiens Anda dan membuat posting yang menarik dengan bantuan alat-alat ini. Juga, pastikan untuk menggunakannya dengan benar untuk mencapai hasil yang optimal. HootSuite HootSuite adalah platform untuk manajemen media sosial yang membuat penjadwalan dan penerbitan postingan Anda. Anda dapat menggunakan opsi Instagram, lalu menjadwalkan posting Anda di awal, tanpa harus khawatir lupa untuk mempublikasik...