Tahukah Anda, saat ini Instagram memiliki lebih dari 1Milyar pengguna aktif setiap bulannya.
Apakah akun Instagram Anda siap bersaing dengan jutaan akun bisnis lainnya ?
Apakah akun Instagram Anda siap untuk mengubah Milyaran pengguna Instagram ini menjadi pelanggan setia ?
Masalahnya, sekarang. . .
Dalam artikel ini Anda akan tahu bagaimana mengoptimalkan aspek-aspek penting akun Instagram Anda .
Siap ?
Pastikan Anda memiliki akun Instagram bisnis
Apa itu akun Instagram ? Tentu Anda sudah tahu itu, tapi apakah Anda sudah tahu bahwa Instagram memiliki dua jenis akun ?
Instagram memungkin Anda untuk memilih untuk menjadikan akun Instagram personal atau akun Instagram bisnis.
Dan untuk berjualan online Anda membutuhkan akun Instagram bisnis.
Mengapa ? Karena ia hadir dengan banyak fitur dan layanan alat tambahan yang dapat Anda gunakan untuk menumbuhkan bisnis Anda.
Fitur itu termasuk Instagram Shoping, Instagram Ads dan Instagram Insights.
Data itu sendiri sangat berguna: Anda dapat mempelajari tentang audience demographics, post impressions, post-performance, and follower growth, dan pertumbuhan pengikut.
Mungkin ini sedikit membingungkan tapi gambar di bawah ini akan memberi Anda sedikit pencerahan tentang maksud yang saya tulis di atas.
Anda juga dapat menambahkan Tombol Tindakan ke profil Anda (yang akan kami bahas di bawah).Ini memungkinkan pengunjung untuk menelepon Anda, mengunjungi toko Anda, atau membuat reservasi langsung dari profil Anda.
Tapi itu belum semuanya. . .
Anda juga dapat menambahkan tombol kontak yang memungkinkan pengguna untuk menghubungi Anda melalui pesan langsung Instagram, SMS, atau email untuk menghubungi Anda.
Terakhir, akun Instagram bisnis dapat mengakses peluang promosi berbayar, atau Instagram Ads.
Intinya: akun Instagram bisnis memberikan lebih banyak fitur, fleksibilitas, dan peluang daripada akun personal.
Itulah sebabnya ada lebih dari 25 juta bisnis menggunakan akun Instagram Bisnis.
Untungnya, sangat sederhana untuk mengubah profil Anda yang ada menjadi Profil Bisnis Instagram.
Bagaimana Mengubah Akun Instagram Personal Menjadi Akun Instagram Bisnis
Di Instagram, Anda bisa mengonversi profil pribadi ke akun profesional untuk mengakses fitur yang bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.
Untuk mengalihkan profil Anda ke akun profesional:**
- Buka profil Anda dan ketuk di sudut kanan atas.
- Ketuk Pengaturan.
- Ketuk Akun.
- Ketuk Beralih ke Akun Profesional.
- Ketuk Bisnis.
- Jika mau, Anda bisa mengikuti langkah-langkah untuk menghubungkan akun profesional ke Halaman Facebook yang terkait dengan bisnis Anda. Langkah ini opsional, dan memudahkan Anda menggunakan semua fitur yang tersedia untuk bisnis. Saat ini, hanya satu Halaman Facebook yang bisa dihubungkan dengan akun profesional Anda.
- Tambahkan detail seperti kategori bisnis dan informasi kontak Anda.
- Ketuk Selesai.
**(dalam bahasa Indonesia)
Setelah Anda dikonversi ke profil Bisnis Instagram, Anda akan melihat fitur-fitur tambahan yang Anda inginkan.
Lebih lengkap Tentang akun Instagram Bisnis Anda
Jadi, Anda harus membuatnya semudah mungkin bagi orang lain untuk menemukan dan berinteraksi melalui akun Instagram Anda.
Artinya Anda memilih memakai @username yang on-brand, sederhana, dapat dicari, dan dikenali adalah sangat penting.
Sebagai contoh, disini pada Oberlo, mereka tidak dapat mengambil "@oberlo" sebagai username, alih-alih ia menggunakan username "@oberloapp"
Pilih Nama Pengguna yang Sederhana, Mudah Dikenali, dan Mudah Ditemukan
Ingat, Instagram memiliki lebih dari 1 Milyar pengguna.Jadi, Anda harus membuatnya semudah mungkin bagi orang lain untuk menemukan dan berinteraksi melalui akun Instagram Anda.
Artinya Anda memilih memakai @username yang on-brand, sederhana, dapat dicari, dan dikenali adalah sangat penting.
Sayangnya username bisnis Anda mungkin sudah dipakai oleh orang lain.
Jika itu terjadi, cobalah gunakan nama bisnis Anda sebagai bagian pertama dari username Anda dan tambahkan sesuatu yang mencerminkan usaha Anda dibagian akhir.
Jika itu terjadi, cobalah gunakan nama bisnis Anda sebagai bagian pertama dari username Anda dan tambahkan sesuatu yang mencerminkan usaha Anda dibagian akhir.
Alternatif lain, mungkin Anda dapat membayar pemilik saat ini untuk memiliki nama bisnis Anda, meskipun Anda harus merogoh kocek yang dalam.
Pilih Nama Bisnis Yang Mudah Dicari
Anda juga perlu menambahkan nama lengkap bisnis Anda ke bagian -nama- di akun Instagram Anda.
Banyak istilah untuk kolom ini. Ada yang menyebutnya Nama Instagram, headline atau tagline. Tapi apapun istilahnya, ini adalah bagian teks tebal tepat di atas bio.
Di bagian ini Anda dapat menambahkan kata kunci agar akun Instagram Anda dapat di temukan dengan mudah oleh customer Anda.
Anda bisa saja kehilangan potensi mendapatkan followers baru dari pencarian Instagram bila Anda tidak memaksimalkan nama Instagram sehingga bisa mudah di temukan di mesin pencari Instagram.
Penting ! : Nama Instagram ini bebas Anda ganti kapan saja tidak permanen, Anda bisa bereksperimen untuk mendapatakan lebih banyak follower dengan mengubah nama Instagram Anda sehingga mudah ditemukan pencarian Instagram.
Gunakan Photo Profile Instagram Brand Anda
Photo profile Anda menjadi daya tarik setiap orang yang mengunjungi akun Instagram Anda. Terlebih lagi, photo profile ditampilkan disebelah setiap komentar dan post yang Anda bagikan.
Itulah mengapa sangat penting bahwa akun Instagram Anda harus terlihat hebat.
Gunakan photo profile Instagram yang mudah dikenali dan mewakili bisnis Anda. Anda juga seharusnya menggunakan photo profile yang sama di semua media sosial yang anda punya. Ini akan memperkuat kehadiran Anda.
Sebagian besar bisnis menggunakan Logo bisnis mereka, seperti halnya Gojek :
Jika Anda belum memiliki logo bisnis yang memukau, lihat Pembuat Logo Oberlo atau Hatchful Shopify. Alat gratis ini akan membantu Anda membuat logo yang terlihat profesional dalam hitungan menit.
Tulis Bio yang Informatif dan Menarik
Setelah gambar dan nama profil Instagram Anda, banyak pengguna akan melihat bio Anda.Disini mereka akan memutuskan untuk mem-follow akun Instagram Anda atau tidak. Maka butlah bio Instagram yang akan membuat mereka tertarik untuk menjadi follower Anda.
Mereka ingin menjadi follower Anda bukan karena mereka peduli dengan bisnis Anda atau pengen tahu tentang bisnis Anda.
Yang mereka inginkan adalah sesuatu yang bisa memberikan manfaat bagi mereka.
Beritahu Apa yang Dapat Anda Lakukan Untuk Pelanggan Anda
Jangan hanya memberitahu tentang bisnis Anda, beritahu juga tentang "apa yang bisa Anda lakukan untuk pelanggan Anda"Misalnya:
Dari akun Instagram National Geographic, ia menuliskan
"Experience the world through the eyes of National Geographic photographers.”
Mereka menyapa Anda sebagai pemirsa dan mereka menekankan manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti akun mereka.
Atau jika Anda ingin menjaga hal-hal sederhana dan efektif, ringkas apa yang Anda lakukan dan bagaimana hal itu menguntungkan pengguna. Kemudian sertakan ajakan bertindak.
Singkatnya: Pastikan Anda menggunakan bio profil Instagram Anda untuk menunjukkan manfaat yang diberikan bisnis Anda.
Singkatnya: Pastikan Anda menggunakan bio profil Instagram Anda untuk menunjukkan manfaat yang diberikan bisnis Anda.
Gunakan Emoji Pada Bio
Bio Instagram Anda akan lebih hidup mesipun hanya menambahkan 1 emoji, dan ini akan membuat bio Instagram menjadi lebih menarik.
Berikut kegunaan emoji pada bio Instagram:
Sertakan Kalimat Ajakan (Call to Action)
Kalimat ajakan (Call to Action) harus mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan tertentu yang membuat mereka semakin jauh untuk menjadi pelanggan Anda, dan membeli produk Anda.
Ya, ini kalimat singkat seperti "Hubungi kami sekarang!" atau "Follow me!"
Jika Anda tidak yakin apa yang akan Anda masukkan dalam kalimat Call to Action, pastikan kembali tujuan pembuatan akun instagram Anda.
Apakah untuk menjaring mereka untuk membeli dan menggunakan produk Anda atau untuk mengumpulkan followers dan mengarahkan mereka untuk ke website Anda ?
Jika Anda memiliki produk yang mahal, kemungkinan orang akan ingin belajar lebih banyak sebelum membeli.
Dalam hal ini, Anda mungkin ingin mereka mendaftarkan email ke milis Anda dan mengunduh panduan gratis. Dengan begitu, mereka dapat belajar lebih banyak dan Anda dapat memasarkannya melalui email.
Contoh Kalimat ajakan (Call to Action) yang sering Anda temui di banyak Akun Instagram
- “Yuk Follow kami dan dapatkan tips kesehatan setiap hari”
- “Download tips sehat di link berikut ini”
- “Gunakan hashtag #brandanda untuk di repost.”
- “Add Line kami di @linekami.”
Optimalkan Link Call to Action Anda
Instagram adalah tempat yang sangat strategis bagi para Marketers, tapi sayangnya Anda tidak dapat memasukkan link tautan yang dapat di klik di deskripsi postingan Instagram.
Inilah pentingnya mengoptimamalkan link tautan Anda.
Jika Anda ingin menggunakan pos untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web atau halaman tertentu, Anda perlu mengarahkan orang ke link tautan di bio Anda.
Dalam contoh ini, Harper's BAZAAR meminta pemirsa untuk mengklik tautan di profil Instagram mereka untuk melihat video lengkap:
Ini adalah cara paling sederhana untuk membuat orang terlibat dengan merek Anda di luar Instagram.
Jika Anda ingin menggunakan pos untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web atau halaman tertentu, Anda perlu mengarahkan orang ke link tautan di bio Anda.
Dalam contoh ini, Harper's BAZAAR meminta pemirsa untuk mengklik tautan di profil Instagram mereka untuk melihat video lengkap:
Ini adalah cara paling sederhana untuk membuat orang terlibat dengan merek Anda di luar Instagram.
Dengan cara ini, Anda dapat mempromosikan konten, produk, penawaran, atau kampanye terbaru Anda.
Cukup perbarui link tautan dan ajakan bertindak di bio Anda, lalu poskan foto atau video baru yang memberi tahu pengikut Anda untuk memeriksanya.
Bagikan Konten Berkualitas
Ingat, ini adalah jejaring sosial yang sepenuhnya didasarkan pada konten visual.99% orang memfollow akun Instagram karena kontennya.Ya kontent adalah raja. Mereka yang tertarik dengan kontent yang Anda sajikan kemungkinan besar akan memfollow akun Instagram Anda.
Dan semakin banyak follower Instagram Anda, akan semakin mudah Anda mendapatkan pembeli.
Anda ingin membuat konten sendiri atau gunakan konten orang lain ?Selain itu konten yang Anda sajikan haruslah konsisten.
Instagram Anda harus benar-benar mewakili merek keseluruhan Anda, karena ini adalah kesempatan pertama Anda untuk membuat kesan abadi pada setiap calon pengikut.
Bagaimana Anda ingin membuatnya merasa?
Juga, apa warna merek Anda?
Idealnya, Anda ingin orang mengenali bisnis Anda hanya dengan melihat foto.
Idealnya, Anda ingin orang mengenali bisnis Anda hanya dengan melihat foto.
Menampilkan Konten dan Penawaran dengan Sorotan Cerita Instagram
Jika Anda belum menggunakan Instagram Story, Anda kehilangan. Namun, Anda tetap ingin memanfaatkan Sorotan Instagram Story.Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyematkan Story ke profil Instagram Anda.
Pada dasarnya, Anda dapat menggunakan Story Highlights untuk mempromosikan, mendidik, dan melibatkan pengguna - sama seperti halaman berbeda di situs web Anda.
Anda dapat menggunakan Instagram Story Highlights untuk memamerkan berbagai produk untuk berbelanja, seperti contoh di bawah ini :
RingkasanBagi banyak bisnis, profil Instagram yang efektif bisa jauh lebih berharga daripada situs web lengkap.
Dengan situs web, orang-orang harus datang kepada Anda, tetapi Instagram memungkinkan Anda pergi ke orang-orang. Ingat:
- Mulailah dengan mengoptimalkan komponen inti dari profil Instagram Anda. Ini termasuk pegangan Anda, gambar profil, bio, dan tautan.
- Manfaatkan fitur baru, seperti Stories Highlights dan Action Buttons. Sorotan Cerita bekerja dengan cara yang mirip dengan halaman berbeda di situs web Anda, dan Tombol Tindakan memberikan kesempatan lain untuk menambahkan ajakan bertindak yang strategis.
- Konsistensi adalah kuncinya. Jadi pastikan bahwa Anda secara teratur memposting konten berkualitas tinggi sesuai dengan estetika merek Anda.
- Akhirnya, hubungan dibangun melalui komunikasi. Jadi nyalakan pemberitahuan profil Instagram Anda dan libatkan dengan pengikut Anda!